Menikmati Kesegaran Minuman Tradisional Limun Sarsaparilla


Minuman tradisional kini mulai meredup keberadaannya di kalangan bidang kuliner di Indonesia sehingga butuh pelestarian dan inovasi agar minuman tradisional dapat bertahan dengan minuman-minuman yang moderen.

Salah satu minuman tradisional asal Yogyakarta ini ada limun sarsaparilla. Limun sarsaparilla adalah minuman bersoda yang berasal dari kota Yogyakarta dan minuman ini tentunya tidak dapat ditemukan di kota-kota lain.

Minuman ini terbuat dari kombinasi tanaman yang memiliki batang pada tanaman yang bernama Sarsaparilla dan air berkarbonasi. Konon katanya minuman bersoda ini adalah minuman pertama di Indonesia yang bahkan saparella pernah menjadi minuman favorit bagi raja-raja pada zaman dahulu kala dan juga minuman ini ialah minuman yang paling populer pada tahu 1960-an.

Pada zaman dahulu ternnyata minuman ini sudah menjadi simbol kemajuan zaman sehingga menjadi kebanggan tersendiri untuk menjamu para tamu dengan limun saparilla. Maka dari itu pada acara seperti pernikahan atau khitanan minuman soda ini kerap kali ditemukan.

Pada minuman ini tentunya kita akan menemukan cita rasa yang dihasilkan cukup unik rasanya manis dengan sensasi dingin seperti mint dan aroma khas jamu yang merebak. Selain itu juga minuman ini tidak seperti minuman lain, minuman ini memiliki warna ungu kehitaman yang juga memiliki beberapa manfaat yaitu dapat melancarkan buang air kecil, memberikan energi hingga menyembuhkan flu dan demam.

Setelah meminum minuman ini orang-orang akan bersendawa dan menyembuhkan masuk angin. Pada saat ini minuman saparilla sudah ada dalam bentuk kemasan, kemasan minuman saparella pun tak kalah menarik, biasanya dibungkus dalam botol yang memiliki dua bentuk, pada ukuran sedang botol yang digunakan mirip dengan boto campagne yang memiliki tutup dari keramik lengkap dengan kawat penutupnya.

Sedangkan pada botol yang beururkuran kecil botol samparella ini mrmiliki bentuk yang bulat dan lebar di bawahnya mirip dengan bentuk lampu bohlam. Seiring dengan perkembangan zaman mungkin sekarang akan sangat sulit untuk menemukan minuman bersoda ini kecuali pergi ke kota Yogyakarta dan mencari-cari keberadaan minuman tersebut.


EmoticonEmoticon